yang sedang berkunjung

free web site traffic and 

promotion

Sabtu, 11 Februari 2012

4 Alasan haram merayakan Valentin day


Apa kabar Sobat! Kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang sejarah Valenti. Ini penting agar kita bisa lebih rasional dan yakin dalam menyikapi fenomena valentine day yang sekarang ini semakin marak dirayakan di Indonesia, terutama dikalangan anak-anak muda muslim. Nah, begini nih.. Valentin (tanpa e atau huruf s) adalah nama seorang martir (orang Kristen yang terbunuh karena mempertahankan ajaran agama yang dianutnya). Dia seorang tokoh agama Kristen yang karena kesalehan dan kedermawanannya diberi gelar Saint atau Santo disingkat dengan St., yang mempunyai tempat istimewa di dalam ajaran agama kristen. Panggilan atau gelar ini dilekatkan pula kepada tokoh Kristen yang lainnya, seperti St. Paul, St. Peter, St. Agustine dan sebagainya. St. hanya dihubungkan dengan nama seorang penganjur dan pemimpin besar agama Kristen, dan karena itu tidak dapat diberikan kepada sembarang , yang dinilai bahwa tingkat keagamaannya masih rendah.
St. Valentin ini karena pertentangannya dengan Kaisar CLAUDIUS II, penguasa Romawi pada waktu itu, berakhir dengan pembunuhan atas dirinya pada abad ketiga, tepatnya pada tanggal 14 Februari tahun 270 Masehi. Menurut kepercayaan Kristen, kematian Valentin ini dikategorikan martir membela agamanya, sebagaimana orang Islam menyebut syahid bagi seorang muslim yang terbunuh di medan jihad.
Kematian yang tragis, kebaikan, dan kedermawanan Valentin ini tidak dapat dilupakan oleh para pengikutnya di belakang. Valentine dijadikan simbol bagi ketabahan, keberanian, dan kepasrahan seorang Kristen menghadapi kenyataan hidupnya. Namanya dipuja dan diagungkan dan hari kematiannya diperingati oleh pengikutnya dalam setiap upacara keagamaan yang dianggap sesuai dengan peristiwa tragis itu. Upacara peringatan yang pada mulanya bersifat religius itu dimulai pada abad ketujuh Masehi dan berlangsung sampai abad keempat belas, dan setelah abad itu signifikansi keagamaannya mulai hilang dan tertutup oleh upacara dan ceremony yang non-agamis.
Hari Valentin, sebagaimana dikatakan di atas, adalah hari kematian Valentine yang kemudian diperingati oleh para pengikutnya setiap tanggal 14 Februari. Kemudian hari Valentine ini dihubungkan pula dengan pesta atau perjamuan kasih sayang bangsa Romawi kuno yang disebut supercalia yang biasanya jatuh pada tanggal 15 Februari. Setelah orang Romawi masuk Kristen, maka pesta supercalia itu secara religius dikaitkan dengan kematian atau upacara kematian St. Valentine.

Penerimaan Valentine sebagai model kasih sayang tulus diduga seperti berasal dari kepercayaan orang Eropa, bahwa masa kasih sayang mulai bersemi bagi burung jantan dan burung betina pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Perkiraannya atau kepercayaannya ini lalu berkembang menjadi pengertian umum bahwa sebaiknya pihak pemuda mencari seorang pemudi (wanita) untuk menjadikan pasangannya dan sebaliknya pada tanggal tersebut. Bersamaan dengan itu, mereka menyarankan untuk saling tukar tanda mata atau cadeau (kado) sebagai lambang terbinanya kasih sayang di antara mereka. Namun, Valentine ini lebih dipopularkan lagi oleh orang-orang Amerika dalam bentuk greeting card (kartu ucapan selamat) terutama sejak berakhirnya Perang Dunia I.
Nah….begitulah sejarahnya, kawan! Ok, sekarang bisa saya simpulkan, bagi anak-anak muda muslim yang keukeuh peuteukeuh memperingati Valentin Day, saya jelaskan bahwa memperingati Valentin Day, adalah :
1. Mengikuti kaum Kristen yang memuja, membanggakan tokoh Kristen bernama Valentin yang mati. Padahal seorang muslim seharusnya bangga dan mengikuti jejak Rasulullah, para sahabatnya, para pejuang islam yang syahid karena membela islam.
2. Mengikuti dan mempercayai mistik orang Eropa, sepert Amerika yang menganggap bahwa tanggal 14 atau 15 februari adalah hari mulai tumbuhnya kasih saying. Padahal di dalam islam kasih saying itu sudah ada sejak manusia dilahirkan.
3. Mengikuti orang-orang non muslim yang memaknai kasih saying di hari Valentin adalah istimewa, sehingga pada hari tersebut setiap orang terutama pria dengan wanita bukan muhrim (belum sah) bebas melakukan hal-hal yang sebenarnya diharamkan.
4. “Tasyabbuh” atau menyerupai suatu kaum, dalam sebuah hadits dikatakan “ Barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka ia termasuk didalamnya”..
Nah..sahabat, anak-anak muda muslim yang baik, masih mau merayakan Valentin Day? Semoga Allah berikan Hidayah kepada kita semua. Amin

8 komentar:

  1. masih mau dong....:)

    BalasHapus
  2. yang bukan muslim, pasti mau...

    BalasHapus
  3. With a grеat client service, initially thіѕ ωas
    cгеatеd as a preventive сream fοr ѕtretch maгκs.



    Feel fгeе to surf tο mу wеb site visit this Page

    BalasHapus
  4. Τhis іs thе perfeсt wеbѕitе
    for anуbody who ωіsheѕ to find out аbout this topic.
    You knoω а whole lot its almoѕt
    haгd to argue with you (nоt that I reallу ωould want to…ΗаНa).
    Υοu cеrtaіnly put a brand
    nеw sρin οn a tορiс
    ωhich has been dіscusseԁ for
    ages. Exсellent stuff, just gгеаt!


    Fееl free tο visіt my websitе :: payday loans

    BalasHapus
  5. Here is more. Yes, In that respect Dec 14, 2010, 10:53am EST
    Hi!

    My website :: solar Roofing

    BalasHapus
  6. I've been exploring for a little bit for any high-quality articles or blog posts in this kind of house . Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this site. Reading this information So i'm happy to exhibit that I've a very excellent uncanny feeling I found out exactly what I needed. I such a lot unquestionably will make certain to do not forget this website and provides it a look on a continuing basis.

    my page - password cracker

    BalasHapus
  7. Now the article coming from all search engine optimization can be grueling utilizing just too many areas.
    Its obvious is named a thermo clog up machine.
    Jagbani a day mag place researches with poltics, athletic,
    Excitement and also community. YH Through True, I
    know terribly. The washing machine are capable of grind in addition to
    reduce 100 % pinto beans, transfuse (make) the actual java including
    your own built-in wine cooling unit to set-up the best selling space-age foam (out of unfaded get) in only 1 cappuccino should've.

    my page; Single Cup Coffee Maker

    BalasHapus
  8. Hi there just wanted to give you a brief heads up
    and let you know a few of the images aren't loading properly. I'm not sure why but I think
    its a linking issue. I've tried it in two different browsers and both show the same results.

    Feel free to surf to my blog post - toasterovenchoices.com

    BalasHapus